Uniknya Maulid Nabi Muhammad saw di RA Ma’arif 1 Metro

Metro, 16 November 2021

RA Ma’arif 1 Metro memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Kamis (21/10/2021) di gedung RA Ma’arif 1 Metro. Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini mengambil tema, “Aku Senang Berbagi Seperti Nabi Muhammad SAW.”

Menurut Kepala RA Ma’arif 1 Metro, Sulistyowati, dengan tema itu diharapkan bisa memotivasi para siswa untuk terbiasa berbagi terhadap sesama. “Dengan tema itu anak-anak akan menjadi lebih termotivasi dan menimbulkan rasa bersyukur serta menimbulkan jiwa sosial yang tinggi.” tutur Sulistyowati.

Acara dimulai dari pukul 08.00 WIB. Diikuti oleh siswa dan dewan guru. Diawali dengan pembacaan sholawat nabi di halaman sekolah. Kegiatan sholawat dipimpin oleh Kepala RA Ma’arif 1 Sulistyowati

Siswa RA Ma’arif 1 metro melakukan pawau berkeliling desa

Salah satu dewan guru Umi menambahkan, acara dilanjutkan dengan pawai berkeliling disekitar lingkungan sekolah (28 Purwosari). Kegiatan tersebut agar siswa siswa RA Ma’arif 1 Metro lebih mengenal lingkungan  sekitar madrasah. Kemudian makan takir bersama guru dan peserta didik dihalaman sekolah. Diakhiri dengan berbagi takir  peserta didik RA Ma’arif  1  yang dibagikan kepada warga sekitar lingkungan madrasah.

Tujuan dari rangkain acara tersebut adalah untuk membiasakan para peserta didiki agar bisa lebih bersyukur dan bisa meneladani sifat sifat nabi Muhammad saw dengan berbagai bentuk kegiatan budaya dan keagaaman serta menanamkan kecitaan terhadap nabi Muhammad saw. “Jika tidak dilatih, maka anak-anak tidak terbiasa untuk berbagi terhadap sesamanya,” tutur alumni IAIM NU Metro.

Siswa RA Ma’arif 1 Metro berbagi takir kepada warga sekitar sekolah

Ditambahkannya tujuan digelarnya kegiatan ini ialah tidak lain, untuk menanamkan nilai keteladan dan ahlak Rasulullah SAW kepada anak didik sejak dini.

“Jadi jika sudah besar, anak-anak kami sudah tahu apa itu Maulid. Mereka harus tahu sifat nabi sejak usia dini. Jika sudah mengetahuinya, maka anak didik akan menjalankannya,” tambahnya

RA Ma’arif 1 Metro berdiri sejak tahun 2007. Sampai saat ini telah meluluskan kurang lebih 720 peserta didik. (nayuk/muna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *